Rabu, 28 Maret 2012

Unit 12 Desain Grafis dan Multimedia


Di era teknologi komunikasi modern, orang cenderung untuk menemukan cara cepat untuk berinteraksi dengan orang lain. Jika kamu memiliki koneksi internet, kamu dapat menelusuri website menarik untuk menemukan informasi, bertemu teman baru,toko dan lain-lain. Berbicara tentang website populer seperti www.facebook.com, www.yahoo.com. Apakah kamu pernah bertanya-tanya berapa banyak kamu menikmati sendiri menempel beberapa dari mereka website keren?
Menjadi master atau ahli dalam setip aktivitas benar-benar prestasi yang fantastis. Namun, bagaiman kamu akrab dengan kata Webmaster?Tentu saja secara harfiah 'webmaster' berarti ahli dalam bidang web, dengan kata lain seseorang yang tygasnya adalah untuk memperbaharui informasi di situs Web. Webmaster membutuhkan untuk menguasai setidaknya salah satu dari empat subdivisi.Antara lain :

  1. Web Design ====> Para ahli dalam hal ini disebut web designer. Untuk itu, kamu perlu merancang website pertama dan master,setidaknya Hyper Text Markup Language (HTML) coding.
  2. Design Grafis ====> Jika kamu seorang designer grafis, tugas kamu adalah membuat gambar untuk membuat web menarik. Seorang designer grafis tidak selalu dapat merancang sebuah website.
  3. Web Developmen ====> Seorang pengembang web adalah orang yang menciptakan program di web. Apa yang dia kerjakan adalah memprogram, bukan interface atau lay-out desain seperti apa yang seorang desainer grafis lakukan. Pekerjaan pengembang web lebih berkaitan dengan input dan proses. Sebagai contoh, di sebuah situs e-commerce pengembang web harus membuat program mengenai pengiriman barang yang dibeli. Untuk menjadi seorang pengembang web kamu perlu mengetahui bahasa pemrograman seperti PHP,CSP.
  4. Web Content Editing ====> Editor ini bertugas menyediakan informasi tentang situs dengan menciptakan kalimat yang bersangkutan. Ini berbeda dari seorang copywriter yang menulis kalimat di sebuah perusahaan, editor isi web biasanya kepala perusahaan yang diharapkan paling tahu tentang perusahaan. Kamu tidak harus menjadi editor teknologi, namun penguasaan struktur kalimat adalah suatu keharusan.
Jadi, webmaster adalah orang yang memelihara sebuah website, apakah dia adalah orang yang menciptakanya. Tapi tidak hanya itu! Dalam mempertahankan situs, webmaster perlu memperbaharui semua informasi serta profil perusahaan. Webmaster mungkin bekerja secara individu atau dalam sebuah tim, tergantung pada lingkup website(bagaiman kompleks itu), dan lingkup perusahaan(seberapa besar perusahaan).
Kamu tidak harus tau dalam ilmu komputer untuk menjadi seorang webmaster. Fakta ini dikonfirmasi oleh Deni Machmud dari Zyrex Komputer: "Jika kamu memiliki latar belakang pendidikan yang relevan, dapat menjadi nilai tambah untuk kamu. Tapi, yang utama adalah bahwa kamu memilikikeinginan untuk belajar. Buktikan dengan membaca banyak buku yang relevan. Memberikan diri kamu dengan komputer yang tersambung ke internet. Setelah itu, mengambil kursus yang sesuai dan mulai berlatih dengan membuat homepage pribadi.
Tampilkan kreativitas dan bakat, serta jangan menyerah "Sama seperti apa yang dikatakan Dian Ekasari, yang menciptakan patranusa.com, berkata "Saya punya seorang teman yang memilih musik sebagai utama, tetapi ia begitu bersemangat untuk belajar banyak dari berbagai sumber yang ia jadikan sebagai tembakan webmaster.
Jadi, apa yang kamu dapat dengan menjadi seorang wemaster sangat menyenangkan.Bertanya-tanya mengapa? Itu karenakamu dapat mengekspresikan diri melalui situs yang kamu buat. Meskipun barusan lulus, kamu dapat ditempatkansebagai webmaster sepanjang perusahaan melihat bahwa kamu telah memenuhi syarat cukup untuk mengisi posisi tersebut. Jika kamu mahir, perusahaan mungkin merekomendasikan kamu untuk mitra-mitranya dan itu bararti uang lagi! Denagn kisaran 1-6 juta rupiah, kamu dapat memanjakan diri dengan apapun yang kamu inginkan. Tapi sekali lagi, angka itu tergantung pada kondisi keuangan perusahaan.
Selain dari jumlah uang yang kamu dapatkan yang menakjubkan dengan memelihara sebuah website kamu dapat menghubungkan diri dengan dunia, memperluas pengetahuan kamu, membangun hubungan dengan orang man saja dan melakukan banyak hal lagi!
Siapkah kamu menghadapi tantangan dunia baru..siapkan diri kamu!...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar