Rabu, 28 Maret 2012

Unit 8 Mengembangkan Kosakata


Kamu tidak dapat memahami arti dari keseluruhan kelompok kata-kata jika terlalu banyak yang sulit. Jika kamu berhenti untuk terus memecahkan arti atau untuk menggunakan kamus. Baik kecepatan maupun pemahaman, membaca menjadi tugas melelahkan. Namun, jika kamu melewatkan kata-kata aneh terlalu banyak, kamu bisa kehilangan titik pembacaan, kemudian waktu yang dihabiskan telah terbuang.

Untuk menjadi efisien, kamu memerlukan kosa kata dasar yang luas sehingga kamu dapat segera mengenali sebagian besar kata-kata dan terus bergerak dengan pikiran penulis. Kamu juga harus tahu bagaiman menghadapi kata-kata baru dengan penuh percaya diri dan menambahkan mereka yang mana kamu perlu kosa kata kamu sendiri. Bagaimana kamu bisa mendapatkan stok kata-kata?Dan apa yang harus kamu lakukan ketika kamu bertemu sebuah kata asing?
Pertemuan mereka dimaksudkan untuk mempelajari kata-kata yang paling baru. Seseorang anak belajar arti sebuah kata dengan mendengarnya yang sering diulang. Jika itu adalah kata yang dia butuhksn sehingga dia dapat meminta sesuatu yang dia ingin atau memahami sesuatu yang dia ingin tahu atau mengekspresikan ide-ide sendiri, dia belajar untuk menggunakannya sendiri.
Ketika dia dapat membaca, dia memiliki cara kedua ketika menemui kata-kata. Sebuah kosa kata pembaca tumbuh ketika dia ingin atau butuh kata-kata baru dalam rangka memahami atau mendiskusikan ide baru. Jika seorang siswa menemukan bahwa kosa kata bahasa Inggrisnya sangat miskin maka dia tidak dapat mengatasi dengan pekerjaan kampus atau menikmati bacaan lain, alasannya mungkin dia belum membaca cukup untuk mengembangkan kosa kata yang memadai.
Seseorang yang membaca secara luas dan memiliki banyak ketertarikan biasanya memiliki kosa kata yang baik karena dia terus-menerus menemui kata-kata baru yang digunakan. Setiap kali dia menemui sebuah kata tertentu dia mengembangkan ide yang lebih baik arti tersebut dan suatu hari, ketika diperlukan, dia menggunakan kata yang benar sendiri.
Selain kosa kata umum yang luas, pembaca yang efisien mempunyai suatu persediaan kata-kata khusu yang digunakan dalam bidang tertentu. Sebagai contoh, hal penting untuk memahami istilah-istilah tertentu dalam setiap mata kuliah agar memhami istilah tertentu dalam setiap mata kuliah dalam rangka memahami apa yang sedang dibahas dalam teks atau dalam ceramah. Sedimen adalah suatu kata dalam geologi. Dunia dan urusan nasional, kehidupan mahasiswa, olahraga dan hobi melibatkan kosakata khusus lainnya.
Cara termudah dan terbaik untuk memperluas kosakata kamu baik umum maupun khusus adalah menemukan lebih banyak kata-kata yang digunakan dengan mendengarkan hati-hati orang yang menggunakan kata-kata tersebut dengan baik dan membaca surat kabar, majalah berharga dan buku pada topic yang bervariasi dengan teratur.
Ini cara alami mempelajari kata-kata baru daripada menghafal daftar definisi kamus. Pertama, kamu berkonsentrasi pada kata-kata yang perlu kamu ketahui. Kedua, kamu mengembangkan ide yang lebih baik dari nuansa makna dan kata yang paling tepat dalam kalimat tertentu. Dengan memperhatikan cara pembicara lain dan penulis menggunakan kata-kata, kamu tidak hanya menambahkan jumlah kata yang dapat kamu kenali tetapi juga jumlah kata yang dapat gunakan sendiri dengan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar